3 Jenis Cacing Penyebab Cacingan pada Anak

Published on Author Jeng SriLeave a comment

wismanusantaraherbal.com,- Dalam istilah sehari-hari cacingan adalah kumpulan gejala gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit dalam tubuh. Penyakit cacingan sering dianggap sebagai penyakit ringan oleh sebagian besar masyarakat. Padahal, penyakit ini bisa menurunkan tingkat kesehatan anak.

Akibat cacing yang menempel di dalam tubuh menggerogoti semua nutrisi anak, maka beragam gangguan kesehatan pun akan menyerang mereka. Cacingan bisa terjadi akibat kurangnya kesadaran orangtua terhadap kebersihan diri sendiri ataupun anak. Cacingan juga bisa menular melalui telur atau larva yang tertelan, dan masuk ke dalam tubuh.

Setidaknya terdapat 3 jenis cacing yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Setelah berhasilĀ  masuk, cacing-cacing tersebut dapat menginfeksi bagian kulit, otot, paru-paru, dan usus atau saluran cerna.

Berikut ini telah kami jelaskan 3 jenis cacing penyebab cacingan pada anak :

  • Cacing pita

Cacing jenis ini biasanya ditemukan pada daging babi. Tidak jarang juga ditemukan pada daging sapi yang tidak dimasak dengan sempurna. Cacing pita yang masuk ke tubuh akan menginfeksi otot, kulit, jantung, mata, dan otak.

  • Cacing gelang

Ukuran cacing ini terbilang besar. Tidak hanya menginfeksi manusia, tapi juga binatang seperti kucing atau anjing. Bentuk cacing gelang ini menyerupai cacing tanah yang hidup berpindah-pindah.

  • Cacing kremi

Ini merupakan jenis cacing yang paling sering menginfeksi anak-anak. Cacing yang berukuran 1 cm ini biasanya menginfeksi organ usus. Adapun gejala yang timbul yaitu muncul rasa gatal di sekitar daerah anus atau vulva (kemaluan wanita). Orangtua harus waspada, telur cacing kremi bisa bertahan di kulit anak-anak selama berjam-jam dan dapat bertahan hidup selama 3 minggu di pakaian, mainan, dan tempat tidur.

untuk mencegah penularan atau penyebaran cacing ini, para orangtua harus lebih memperhatikan apa yang dikonsumsi anak dan dimana ia biasa bermain. Penting juga untuk mengajarkan kepada anak agar lebih rajin dlaam menjaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *