Cara Mudah untuk Kendalikan Kolesterol Tinggi

Published on Author Jeng SriLeave a comment

Sebenarnya kolesterol diperlukan oleh tubuh, namun jika jumlahnya berlebihan dan tidak terkontrol dengan baik bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit. Kolesterol diketahui sebagai pemicu berbagai masalah kesehatan, seperti hipertensi, gangguan jantung, hingga stroke.

Untuk mengendalikan kolesterol tinggi dalam tubuh, beberapa cara mudah berikut bisa Anda lakukan, diantaranya :

cara-mudah-untuk-kendalikan-kolesterol-tinggi

  • Menjaga Pola Makan

makanan memiliki pengaruh yang besar pada kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk mengendalikan kolesterol tinggi, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans ataupun lemak jenuh yang dapat meningkatkan LDL. Sumber makanan tersebut diantaranya seperti daging merah, kue, margarine, dan sebagainya. Sebaliknya, pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti yang terkandung didalam minyak zaitun, minyak jagung, kacang-kacangan, dan sebagainya. Batasi jumlah kolesterol maksimal sebanyak 300 mg dalam sehari, Makaan yang tinggi kolesterol diantaranya adalah jeroan, kuning telur, dan susu full cream.

Tambahkan juga porsi sayur dan buah pada menu harian Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengganti daging merah yang berlemak dengan ikan yang mengandung lemak sehat, seperti tuna, ikan salmon, kod, makaresl, dan halibut. Gantilah pula makanan biasa Anda dengan pilihan yang lebih sehat, seperti roti tawar diganti dengan roti tawar gandum, nasi putih dengan nasi merah, dan pasta biasa dengan pasta gandum.

  • Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih atau obesitas memberikan kontribusi pada penumpukan lemak dalam darah. Maka dari itu, menurunkan berat badan hanya 2.5-5 kh sudah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

  • Olahraga Teratur

Luangkan waktu Anda untuk berolahraga setidaknya 3 kali seminggu, antara 30-60 menit. Anda bisa memilih olahraga santai, misalnya lari, bersepeda, berenang, dan yang lainnya. Lakukan olahraga bersama keluarga, atau rekan Anda agar lebih termotivasi.

  • Berhenti Merokok

Pasti sudah banyak yang mengetahui jika merokok merupakan kebiasaan yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh. Ketika Anda memutuskan berhenti merokok, maka Anda akan langsung merasakan manfaatnya setelah 20 menit, yaitu tekanan darah akan menurun. Dalam 24 jam setelah berhenti merokok, risiko serangan jantung juga akan menurun. Dalam waktu 1 tahun setelahnya, risiko Anda mengalami penyakit jantung akan berkurang setengahnya dari orang yang merokok. Dan dalam 15 tahun, risiko penyakit tersebut akan menjadi sama dengan orang yang tidak pernah merokok seumur hidupnya.

itulah 4 cara mudah untuk kendalikan kolesterol tinggi yang bisa dilakukan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu Anda dan keluarga. Salam sehat selalu.

Artikel Terkait : Obat Alami Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *