Cara Sehat Memasak Telur yang Perlu di Ketahui

Published on Author Jeng SriLeave a comment

Telur merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi serta menjadi menu sarapan yang tepat di pagi hari. Jika sebelumnya telah dibahas mengenai kebaikan mengonsumsi 1 butir telur setiap hari, nah pada postingan kali ini saya akan berbagai informasi mengenai cara sehat memasak telur yang perlu diketahui. Langsung simak saja informasi selengkapnya disini !!

4 Cara Sehat Memasak Telur yang Perlu Diketahui

cara-sehat-memasak-telur-yang-perlu-di-ketahui

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah didapat, murah dan kaya akan kandungan protein dan vitamin lainnya. Tidak dapat dipungkiri, di dalam telur juga terkandung lemak jenuh dan kolesterol. Walaupun begitu, menurut literatur yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 mengungkapkan jika mengonsumsi telur tidak berhubungan dengan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Namun, untuk lebih memaksimalkan manfaat yang dimilikinya, Anda juga harus mengetahui cara memasak telur yang sehat agar tidak membahayakan kesehatan tubuh. Berikut ini 4 cara sehat memasak telur yang perlu di ketahui :

Menggoreng telur

Menggoreng telur dengan menambahkan butter, minyak, atau margarin memang bisa menambah kandungan lemak dan kalroi. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan minyak semprot di ahar wajan antilengket untuk menggoreng telur. Cara ini diyakini tidak akan menambah jumlah lemak dan kalori dalam telur goreng Anda.

Merebus telur

Merebus telur merupakan salah satu cara yang cukup sehat. Pasalnya, cara ini tidak akan menambahkan lemak ke dalam telur. Sehingga dalam satu telur rebus terdapat kandungan 5.3 gram lemak, 6 gram protein, 186 mg koleterol, dan 78 kalori.

Merebus tanpa cangkang

Merebus telur tanpa cangkang (poach egg) sering dilakukan ketika kita mengolahnya dengan mi. Jadi, setelah air panas, pecahkan cangkang telur kemudian masukkan ke dalam air panas. Cukup dimasak beberapa menit, telur tersebut sudah bisa diangkat. Memasak telur dengan cara ini bisa menjadikan nutrisi yang dimilikinya sama dengan telur rebus.

Scrambled egg

Cara sehat memasak telur yang perlu diketahui yang terakhir yaitu dengan mengolahnya menjadi scrambled egg. Jika biasanya scrambled egg dibuat dengan menambahkan susu, tapi Anda bisa mencoba menggantinya dengan air. Sehingga olahan telur yang satu ini memiliki kandungan lemak, kolesterol, dan kalori sama seperti telur rebus. Untuk menambahkan nilai gizi dalam scrambled egg, Anda bisa juga meamsukkan bahan lain, seperti lada, bawang putih, jamur, dan bayam baru telur di orak arik.

Jadi, cara manakah yang biasa Anda lakukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *