Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Sengaja Menelan Plastik

Published on Author Jeng SriLeave a comment

Tidak dapat dipungkiri, kehidupan sehari-hari kita berkaitan erat dengan plastik. Plastik memang dapat memudahkan aktivitas manusia, misalnya untuk membawa barang, membungkus makanan, bahan-bahan mainan anak-anak, peralatan dapur, dan masih banyak lagi benda-benda yang terbuatd ari plastik.

Namun, meskipun begitu, jika tidak dikelola dengan baik plastik juga dapat menimbulkan bahaya. Terlebih lagi ada kabar yang menyebutkan bahwa plastik digunakan sebagai bahan gorengan agar semakin renyah. Tentu hal tersebut akan sangat berisiko pada kesehatan tubuh.

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Sengaja Menelan Plastik

Lalu, apa saja dampak yang timbul jika kita menelan plastik secara tidak sengaja ? Ini penjelasannya.

Polietilen, biasanya digunakan untuk botol air mineral, kantong plastik, mainan, gelas minum, dan wadah makanan. Dampak dari menelan jensi plastik ini yaitu bersifat karsinogenik atau menyebabkan kanker.

Akrilik, biasa digunakan untuk selimut, pakaian, karpet, lensa kontak, dan bahan cat. Efek samping pada tubuh jika dikonsumsi yaitu dapat menyebabkan gangguan berpanasan, mual, muntah, nyeri kepala, dan diare.

Polyvinylchloride (PVC), biasa digunakan untuk wadah makanan, wadah kosmetik, lapisan lantai, dot, pipa air, dan mainan anak. Dampaknya dapat menyebabkan kaner, cacar janin, infeksikulit, gangguan encernaan, gangguan hati, dan tuli.

Tetrafluoroetilen, biasa diguakan untuk pelapis alat makan, lapisan papan setrika. Efek samping pada tubuh jika di konsumsi dapat mengakibatkan iritasi mata, hidung, dan tenggorokan.

Polikarbonat & Bisphenol A, biasa digunakan untuk botol air mineral. Jika tak sengaja dimakan dapat menyebab penurunan kekebalan tubuh dan kanker.

Poliester, sering digunakan untuk pakain, tampon, popok bayi, dan wadah makakan. Jika dikonsumsi dapat berdampak menimbulkan iritasi mata, ganguan pernapasan, dan ruam kulit.

Phthalate (DEHP, DINP), sering digunakan untuk bahan sepatu, satung tanganmedis, masker, dan berbagaia lat medis lainnya. Efek smaping paa tubuh jika dikonsumsi adalah gangguan hormonal, cacat janin, penurunan jumlah sperma, dan kanker.

Maka dari itu, kita dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memiliki makanan dan berbagai peralatan yang berbahan dasar plastik. Meskipun menruut kita aman, namun kita harus tetap waspada untuk mencegah dan menghindari hal-hal buruk yang dapat terjadi.

Baca Juga : Khasiat QnC Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *