Kebiasaan Buruk Orangtua yang Membahayakan Kesehatan Anak

Published on Author Jeng SriLeave a comment

Kebiasaan Buruk Orangtua yang Membahayakan Kesehatan Anak

Mungkin para orangtua sering melakukan beberapa hal yang dianggap sepele, namun sebenarnya hal tersebut dapat mengganggu kesehatan si kecil. Kebiasaan apa sajakah itu ? Ini penjelasannya !

Memberikan Makanan Padat Terlalu Cepat

Kebiasaan memberikan makanan padat yang terlalu cepat pada bayi yang berusia dibawah 6 bulan merupakan kebiasaan yang sudah lama ada dan tersebar di mana-mana. Hal ini justru sering kali muncul dan sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Ada yang beralasan agar bayi cepat besar atau agar bayi merasa kenyang.

Namun, pada kenyataannya bayi belum memiliki saluran cerna yang mampu mencerna makanan padat sebelum berusia 4 bulan. Jarang ada kejadian, bayi mengalami daire atau sembelit setelah diberikan makanan padat yang terlalu dini. Pada kasus yang ekstrim, bahkan pernah terjadi bayi mengalami sumbatan pada usus dan harus dioperasi sebagai dampaknya. Tidak hanya itu, pemberian makanan padat yang terlalu dini juga berisiko menyebabkan anak mengalami obesitas di kemudian hari.

Membuat Susu Formula dengan Air Hangat Dari Dispenser

Banyak orang yang berpendapat bahwa air hangat sudah cukup untuk melarutkan susu secara merata, sehingga banyak orang yang menggunakan ari hangat dari dispenser.

Sebenarnya, membuat susu formula yang benar adalah dengan menyediakan air panas yang telah mendidik, kemudian diamkan sekitar 15-20 menit hingga suhu turun, namun masih diatas 700 C. Setelah itu, masukkan air panas tersebut ke dalam botol susu lalu masukkan bubuk susu formula sesuai takaran serta aduk/kocok perlahan hingga merata.

Perlu diketahui, air panas dari dispensel seringkali tidak mencapai suhu diatas 700C. Dan Bubuk susu formula sesungguhnya tidak steril. Maka jika tidak dilarutkan dengan air yang bersuhu di atas 700C, kemungkinan terdapat bakteri dalam bubuk susu formula tidak mati.

Memberikan Madu pada Bayi Di Bawah 1 Tahun

Madu memang diketahui memiliki berbagai khasiat yang baik bagi kesehatan. Maka dari itu, tidak jarang ada orangtua yang memberikan madu pada bayinya dengan maksud untuk menjaga kesehatannya.

Namun, sesungguhnya pemberian madu bagi bayi yang berusia dibawah 1 tahun tidak dianjurkan. Hal ini disebabakn karena memiliki risiko masuknya spora dari kuman Clostridium botulinum dan dapat berdampak pada timbulnya gangguan saraf yang berat. Pada usia dibawah 1 tahun, saluran cerna bayi belum sempurna sehingga tidak dapat menahan dampak dari spora ini.

Kebiasaan Buruk Orangtua yang Membahayakan Kesehatan Anak

Menyuapkan Makanan Secara Paksa Saat Anak Tidak Mau Makan

Tidak sedikit orangtua yang selalu memaksakan anaknya yang sulit makan. Bahkan karena anak tidak mau makan ada juga orangtua yang memberikannaya jamu yang diharapkan akan menambah nafsu makan si anak.

Terkadang, bahkan ada yang memegangi badan si kecil jika ia berontak agar makanan bisa dimasukkan ke dalam mulut.

Sebenarnya, tindakan ini sangat berbagaya bagi kesehatan si kecil. Pemberian makanan atau minuman secara paksa atau ketika anak sedang menangis dan berontak memiliki risiko dapat terjadinya aspirasi (masuknya) makanan atau minuman ke saluran napas atau tersedak. Kedua hal tersebut dapat berakibat fatal bagi anak, terlebih lagi jika masih bayi.

Mengunyah dan Meniup-niup Makanan Sebelum Diberikan Ke Anak

Tidak sedikit orangtua yang memiliki kebiasaan mengunyah makanan terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada anak. Tujuannya agar lebih mudah di telan oleh si kecil. Dari segi kebersihan, hal ini tidak dapat dibenarkan. Bagaimanapun, rongga mulut seseorang mengandung berbagai kuman yang jika diberkan pada bayi justru dapat menyebarkan penyakit.

Tidak hanya itu, ada pula yang meniup-niup makanan sebelum menyuapkannya kepada anak. Perlu diketahui, meniup-niup makanna dapat menyebabkan kuman yang ada di rongga mulut dapat terlontar ke makanan tersebut.

Malas Mencuci Tangan SebelumĀ  menyiapkan dan Memberikan Makan

Menyiapkan makanan bagi anak memang terkadang merepotkan. Maka, tidak jarang para ibu selalu lupa atau malah malas untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyiapkan atau memberikan makanan pada anak.

Ketika tangan orangtua tidak bersih ikut memegang makanan atau alat makannya, maka kuman yang ada ditangan dapat pula berpindah ke tubuh anak dan menyebabkannya sakit.

Baca Juga : Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Balita Dengan Makanan Berikut

Sakit Flu Namun Tetap Mencium Anak

Memiliki anak yang lucu dan menggemaskan tentu membuat orangtua ingin selalu dekat dan menciuminya. Padahal, hal ini termasuk kebiasaan yang berisiko pada anak. Terlebih lagi jika orangtua sedang flu, tak jarang justru menyebabkan anak tertular. Karena salah satu penularan penyakit flu adalah melalui percikan ludah/bersin yang terhirup oleh orang lain.

Salah satu cara untuk mengatasinya cuku mudah, selama orang tua sakit dan berdekatan dengan anak, maka sebaiknya gunakan masker untuk menutupi mulut dan hidung agar tidak menjadi sumber penularan bagi si kecil.

Orangtua Perokok Menggendong dan Mencium Si Kecil

Mungkin tidak sedikit papa yang merokok sering mencium si kecil. Meskipun tidak merokok di depan anak, namun dampaknya tetap ada. Jika bau rokok masih tercium dari napas atau pakaian, maka hal tersebut cukup untuk membuat bayi mengalami reaksi hipersensitif terhadap bau tersebut. hasilnya, tidak jarnag didapatkan kasus anak yang sering batuk-batuk ketika berdekatan dengan papanya yang perokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *