Manfaat Terapi Oksigen Hiperbarik untuk Kesehatan

Published on Author Jeng SriLeave a comment

Manfaat Terapi Oksigen Hiperbarik untuk Kesehatan

Terapi Oksigen Hiperbarik merupakansalah satu dari terapi penunjang yang dimiliki oleh khazanah pengetahuan ilmu kedokteran kelautan.

Terapi olsogen hiperbarik adalah pemberian oksigen dengan kadar 100% dengan tekanan diatas tekanan udara normal (2-2.5 kali tekanan udara normal). Terapi oksigen hiperbarik memanfaatkan darah untuk mengantarkan oksigen dengan konsentrasi tinggi ke jaringan tubuh. Durasi terapi biasanta 90 hingga 120 menit.

Ada dua jenis ruangan untuk terapi oksigen hiperbarik, yaitu ruangan yang hanya dapat ditempati oleh 1 pasien dan ruangan yang ditempati oleh beberapa pasien. Pasien dimasukkan ke dalam sebuah chamber bertekanan udara dua hingga 3 kali lebih tinggi dari tekana udara atmosfer noemal sambil diberikan pernapasan oksigen murni (100%) selama satu hingga 2 jam. Selama proses terapi, pasien diperbolehkan untuk makan, minum, atau membaca untuk menghindari trauma pada telinga akibat tinggnya tekanan udara.

Peran terapi oksigen hiperbarik ini mengambil peran penting dalam memberikan kontribusi pada pengembangan kesehatan para prajurit dikalangan militer kesatuan matra kelautan.

Konstribusi terapi penunjang ini kepada kesehatanmasyarakat luas telah terbukti ampuh sebagai terapi penunjang (s;lain terapi obat oleh dokter) yang dapat menghindarkan pasien dari ancaman ampurtasi organ tubuh pada pasca bencana alam Tsunami Aceh, atau bencana gempa bumi di Bantul, dimana banyak orang yang terancam menjalaniamputasi kaki karena tertimpa bangunan atau luka yang parah.

Disamping itu, konstribusi terapi oksigen hiperbarik telah memberikan banyak kontribusi pada berbagai bidang ilmu medis. Dewasa ini, terapi ini dapat mengobati penyakit degeneratif kronis seperti arterio sclerosis, stroke, penyakit pembuluh darah perifer, ulser diabetik, serebral palsy, trauma otak, slerosis multiple dan penyembuhan luka.

Manfaat Terapi Oksigen Hiperbarik

Manfaat Terapi Oksigen Hiperbarik untuk Kesehatan

  • Meningkatkan sensitivitas sel terhadap radiasi
  • Mampu menghambat produksi racunalfa toksin
  • Meningkatkan produksi antioksidan tubuh tertentu
  • Meningkatkan viabilitas sel atau kemampuan sel untuk bertahan hidup
  • Dapat mempercepat proses penyembuhan pada paengobatan medis konvensional
  • Menahan proses penuaan dengan cara pembentukan kolagen yang menjaga elastisitas kulit
  • Badan menjadi lebih segar, tidak mudah lelah, gairah hidup meningkat, tidur lebih enak dan pulas
  • Memperbaiki fungsi ereksi pada pria penderita diabetes (laporan para ahli hiperbarik di Amerika Serikat pada tahun 1960)
  • Menurunkan waktu paruh karboksihemoglobin dari 5 jam menjadi 20 menit pada penyakit keracubab gas CO
  • Mampu membunuh bakteri, terutama bakteri anaerob seperti Closteridium perfingens (penyebab penyakit gas gangren)
  • Mampu menghentikan aktivitas bakteri (bakteriostatik) antara alin bakter E. coli dan Pseudomonas sp yang umumnya ditemukan pada luka-luka mengganas
  • Merangsang pertumbuhan pembuluh darah baru untuk meningkatkan aliran darah pada sirkulasi yang berkurang.
  • Meningkatkan konsentrasi oksien pada seluruh jaringan tubuh, bahkan pada alirandarah yang berkurang.

Peringatan

Terapi oksigen hiperbarik tidak dapat dilakukan jika Anda memiliki penyakit paru-paru, mengonsumsi obat-obatan tertentu, memiliki gangguan pada sel darah merah, demam tinggi, hamil, kejang, dan ebberapa kondisi lainnya. Sebagaimana terapi lainnya, terapi oksigen hiperbarik juga memiliki manfaat dan risiko. Salah satu risiko yang dapat terjadi adalah barotrauma (cedera akibat tekanan tinggi) yang menyebabkan gangguan pada telinga, sinus, gigi, dan paru-paru. Kemungkinan efek samping lainnya adalah keracunan oksigen dan perubahan daya penglihatan.

Namun demikian, komplikasi ini sangat jarang terjadi. Jadi, sebenarnya terapi oksigen hiperbarik ini aman, asalkan dilakukan sesuai dengan indikasi prosedur yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *