Pertolongan Pertama Ketika Penyakit Asma Kambuh

Published on Author Jeng SriLeave a comment

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit asma. Asma merupakan penyakit yang terjadi akibat peradangan pada saluran napas akibat terlalu responsif terhadap suatu rangsangan. Akibatnya, saluran napas menjadi sempit dan diperparah dengan pengeluaran lendir. Penderita akan kesulitan bernapas, terutama ketika menghembuskan napas.

Pertolongan Pertama Ketika Penyakit Asma Kambuh

Ada beberapa penyebab yang bisa memicu serangan asma, seperti alergi, asap rokok, dan kondisi tubuh yang sedang lemah. Pada dasarnya, penderita asma bisa mengalami serangan yang sangat cepat atau bahkan lama hingga menyebabkan kondisi semakin kritis.

Ketika penyakit asma kambuh, sebagian besar penderita tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Tidak jarang, mereka malah panik dan membuat kondisi penyakit asma semakin memburuk.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara pertolongan pertama ketika penyakit asma kambuh berikut :

Usahakan tetap tenang dan rileks. Sebisa mugkin jaga ritme pernapasan. Posisikan diri dengan duduk atau setengah duduk. Hindari berbaring, karena hal ini akan memperberat sesak yang dialami.

Artikel Terkait : Pengobatan Alami Penyakit Asma

Kenali derajat keparahan serangan asma yang datang. Jika sudah tergolong sebagao sedang atau berat, maka segera minta orang di sekitar untuk membawa Anda ke rumah sakit terdekat.

Selalu sediakan obat hisap yang diresepkan oleh dokter. Gunakan obat hisap tersebut sambil meninggu tiba di rumah sakit terdekat.

Meskipun serangan yang terjadi hanya serangan asma ringan, sebaiknya tetap kunjungi rumah sakit. Tidak ada yang mengetahi apa yang terjadi dalam diri Anda ketika asma menyerang jika tidak diperiksakan dengan segera.

Penanganan denagan segera harus diberikan untuk mencegah terjadinya serangan asma berulang yang dapat dengan cepat merenggut nyawa penderitanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *